Senin, 23 Juli 2012

Jadi Orang Jujur Itu Susah, Tapi Aku Bisa! Kamu???


Sewaktu ngotak-ngatik google, aku temukan artikel menarik banget "Aku Aneh dan aku BANGGA!!!". Menarik banget untuk teman2 yang berusaha menguatkan hati untuk tetap JUJUR!!!
Sumber : http://fadshaka.multiply.com/journal/item/53

Setelah saya dengar cerita teman saya tentang apa yang terjadi dalam UAN kemarin, saya bergidik. Ya ampun. Parah banget konspirasinya. Saya nggak akan cerita tentang konspirasi itu, pasti semua udah bisa nebak lah. Pokoknya menyedihkan banget deh.

Zaman sekarang, jujur itu susah. Tapi susah melakukannya kalah dengan susah eksisnya.
Ya, susah banget jadi orang jujur tapi eksis. Karena dunia zaman sekarang udah PENUH KONSPIRASI!!!!

Kalo ditanya lembaga atau tempat apa yg paling besar konspirasinya, susah jawabnya. Karena konspirasi ada di mana2. Di sekolah, rumah sakit, organisasi, partai, pemerintahan, dll. Dan saking banyaknya konspirasi, orang jujur akan terpinggirkan. Susah eksis, susah untuk tetap idealis.

Masalahnya, konspirasi macam ini susah diberantas GARA-GARA DARI KECIL AJA ORANG INDONESIA UDAH DIAJARIN NGGAK JUJUR.

Contohnya ya UAN ini. Demi gengsi, demi nama sekolah, demi gelar, dll, konspirasi dijalankan. Antara guru dgn guru. Guru dgn murid. Murid dgn murid. Guru dgn pengawas. Pengawas dgn pengawas.

Benar2 na'udzubillah. Saya sedih banget dengar cerita teman saya itu mengenai UAN penuh konspirasi kemarin. Apakah benar2 udah nggak ada tempat bagi orang jujur di dunia yg penuh konspirasi ini??? Apakah orang2 udah nggak punya nurani, udah nggak punya hati???

Hapus aja UAN kalo kayak gini caranya! Kalo cuma untuk pertaruhan gengsi! Pembodohan! Ngajarin nggak jujur! Meningkatkan standar apanya, ini mah menghancurkan bangsa! Sekolah 3 tahun cuma untuk 5 hari! Dan NGGAK JUJUR PULA!!!

Gimana caranya terhindar dari dunia penuh konspirasi!? Di mana kita bisa temukan dunia indah tempat kita bisa mempertahankan idealisme, tempat kita bisa berbuat sesuai hati nurani tanpa perlu terpaksa tidak jujur!?
Saya tahu benar, nggak semua anak yang ikut UAN ingin curang. Ada anak2 yg masih punya HARGA DIRI untuk mengerjakan semuanya dgn jujur. Tapi karena guru2 & teman2nya memohon kepada mereka untuk ikut berkonspirasi, demi nama sekolah dan demi gengsi, mereka jadi serba salah. Terjebak di posisi terjepit: idealisme atau solidaritas?

Memang mindset orang Indonesia harus diubah!
Jangan berpikir "SAYA HARUS LULUS UAN!"
Tapi berpikirlah "SAYA HARUS LULUS UAN DENGAN JUJUR!"

==> curahan hati seorang anak yg sangat sedih dengan konspirasi UAN di sekolahnya. Semoga tahun depan saya bisa lulus UAN dengan jujur, Amiin...

Hari gini gak jujur?? Apa kata ALLAH???
Untuk teman2ku, yakinlah pada kemampuanmu sendiri, aku, kau, kita diciptakan dengan potensi yang sama, kita pasti bisa dengan jujur! Jangan takut, jangan berpikir, kejujuran selama 4 hari itu bukan masalah besar, karena hasil kejujuran itu akan kau bawa seumur hidup, kau pertanggung jawabkan seumur hidup. Ketika kau masuk universitas, melamar kerja, bahkan hasil yang kau banggakan kelak didepan putra-putrimu adalah sebuah kebohongan besar yang melekat bahkan menjadi daging dari hasil kerja yang kau dapatkan dengan berlatar ijazah palsumu. kebohongan besar tidak akan terjadi tanpa kebohongan kecil, penipuan besar tidak akan terjadi tanpa langkah kecil sebuah ketidakjujuran.

Sekali lagi aku bertanya, siapkah kita jujur pada UAN kali ini teman^^??



imania asoka
12 April 2011
09.34 pm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jazakumullahu khairan katsir..
komentar anda, sarana perbaikan diri saya.. :)