Senin, 23 Juli 2012

Apa'an Sieh Khimar 'n Jilbab ntuh???

Tunggu! Jangan kaget dulu dengan judul yang agak alay itu^^. Ini ditulis saat aku masih kelas 2 SMA kalo tidak salah, jadi mohon dimaklumi ya.. Tentunya tulisan ini cukup pantas untuk di repost dalm blog :)

Apa'an Sieh Khimar 'n Jilbab ntuh???

by Saura Ismah Azzahra on Thursday, 24 December 2009 at 20:02 ·
Ehhmm.. Uhug.. Uhug.. (hhee..)

Yah, mungkin ini adalah note pertama yang saya susun sendiri, tentunya tak lepas dari sebuah sumber kepustakaan Hukum Islam Seputar Busana dan Penampilan Wanita karya Syamsuddin Ramadlan al-Nawiy..

Nah, kayanya udah gak sabar lagi ya.. Ya udah deh, langsung aja ya..

Jeng.. Jeng.. Jeng..
Eng... Ing... Eng...

Baiklah, Sebelum sampai pada masalah busana dan penampilan, kira-kira ada yang belom tau nih tentang aurat.. (yakan, tuh ada yang ngaku pake angguk2, hhe..)

Yap, aurat..

APAAN SEH AURAT eTOH???

Bukan makanan bukan minuman, bukan pula yang biasa dimasukkin ke amplop (itumah suratt kale..)

Ada yang tau gak?? (ya, saya mbak..-sambil angkat kaki- Lho??. Tangan maksudnya, heehhe..)

Aurat,
Menurut bahasa aurat adalah al-nuqshaan wa al-syai’ al-mustabaqabbih (kekurangan dan sesuatu yang mendatangkan celaan).

Disebut aurat karena tercela bila terlihat (ditampakkan) [al-Mubadda’, juz 1/359;Kasyf al-Qanaa’, juz 1/263].

Nah, udah taukan..
Sekarang kita ulang lagi nih, mungkin temen2 dah pada tau sejak kecil kali ya. Tapi,, kali aja ada yang blon tau alias pura2 gak tau.. (ada yang ngerasa neh)

Kalo gitu, aurat wanita itu dari mana mpe mana sieh???

Kalo ditelaah lebih lanjut, waduh.. banyak banget tuh penjelasan batasan aurat dari berbagai madzhab. Tapi, jumhur ’ulama bersepakat; aurat wanita meliputi selutuh tubuh, kecuali muka dan kedua telapak tangan.

Mau tau dalilnya?? ,, neh.. Allah swt berfirman:
”Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaknya mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. .....” [An-Nuur:31]

Menurut Imam Thabary makna yang lebih tepat untuk ”perhiasan yang biasa tampak” adalah muka dan telapak tangan. [Tafsir al-Thabariy, juz 18/118]

Oke. Sekarang semua udah pada taukan apaan seh tu aurat en dari mana mpe mana aja aurat wanita mesti ditutup.

Eitts, blon selese.. Selain memerintahkan wanita untuk menutup auratnya, syariat Islam juga meWAJIBkan wanita untuk mengenakan busana khusus ketika hendak keluar rumah atau dihadapan khalayak umum. Ada yang tau?? Silahkan angkat tangannya...
Hmm.. Ya! Silahkan mbak yang berkerudung biru muda tuh (hhe..)

KHIMAR en’ JILBAB mbak..

That’s right! Hadiahnya bisa diambil di warung terdekat, =D

Nah, pertama-tama saya akan menjelaskan seputar KHIMAR (kerudung).. Mungkin kata2 ini masih terdengar asing dikalangan masyarakat. Oleh karena itu akan sedikit saya jelaskan (kalo banyak2 kaga muat atuh)..

Perintah mengenakan khimar ini adalah firman Allah swt:
”Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya...” [An-Nuur:31]

Nah, jadi khimar atau yang sering disebut kerudung ini merupakan kain yang menutup sampai ke dada kalian.. Bukannya dililit2 sana sini yang bikin kecekek getu.. Kan niat awalnya mau nutup auratkan?? Karena itu jangan peke khimar yang alang2, entah poninya lah disisakan atau rambutnyalah masih menjuntai2 (kaya buntut kuda mbak)... Apalagi kalo khimarnya tuuiiipiiss banget ampe2 kaya transparan.. (Astagfirullah) Kalo temen2 mbak baik, pastinya deh ngebenerin yang salah kaya gitu. Bukannya ngebiarin aje..

Okedeh, kita lanjut ke masalah JILBAB.
Mungkin banyak wanita sekarang salah pengertian nih masalah jilbab. Karena banyak orang mengira bahwa jilbab itu adalah kerudung...

Ne ada contoh pengalaman akhwat X kepasar.

...........................
Akhwat X : mbak, ada jual jilbab nggak??
Mbak Z : oh, ada mba. Banyak motifnya lagi. Ni contohnya (sambil ngeluarin kerudung)
Akhwat X : waduuh.. Lain itu mbak, kalo itu namanya kerudung. Yang saya cari teh jilbab atuh..Kaya gini nih.. (sambil nunjuk bajunya)
Mbak Z : Ya ampun mba.. Itumah lain jilbab tapi orang sini nyebutnya jubah atau gamis.
.................................

Pasti itu juga pernah dialamin sama kalian2 kan??
Yap. Dari contoh diatas kita tau banyak yang belum paham makna jilbab sebenarnya. Adapun yang dimaksud dengan jilbab adalah milhafah (baju kurung) dan mula’ah (kain panjang yang tidak berjahit).

Padahal perintah mengenakan jilbab ini bukan dari saya lho.. Tapi langsung Allah swt berfirman :
”Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min : ”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. [Al-Ahzab:59]

Jilbab harus diulurkan sampai menutupi kadua mata kaki. Jilbab bukanlah pakaian utama yang dikenakan oleh wanita untuk menutup auratnya. Akan tetapi ia adalah pakaian luar yang dikenakan atas pakaian utama (pakaian sehari-hari) ketika wanita itu hendak keluar dari rumahnya.

Dengan kata lain jilbab adalah busana lain (busana kedua) yang dikenakan untuk menutup busana utama, dan ia dikenakan khusus ketika hendak keluar rumah.

Nah, udah cukup jelaskan sekarang perbedaan khimar dan jilbab. Jadi kalo ada yang salah paham lagi kan mbak mbak yang udah baca nie tulisan kan bisa ngejelasinnya... Bagi bagi ilmu toh..

Karena ini tulisan udah panjang banget kaya kereta api, jadi pembahasan tentang penampilan akan dilanjutkan di tulisan berikutnya aja ya.. Insya Allah..

Kesempurnaan hanya milik Allah swt, dan kesalahan berasal dari diri saya pribadi.. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.. Amien..^^


imania asoka
20 Desember 2009, usai begawian.. Hhoho..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jazakumullahu khairan katsir..
komentar anda, sarana perbaikan diri saya.. :)